Rabu, 21 Januari 2009

"POLUSI bikin BUNGA TAK HARUM"

"POLUSI bikin BUNGA TAK HARUM"

dari majalah femina

Apa jadinya bila bunga kehilangan harumnya? Hasil penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Virginia, Charlottesville, Amerika Serikat, seperti dikutip Journal Atmospheric Environment, menunjukkan bahwa peningkatan polusi udara menurunkan harum bunga hingga 90%.
Penyebab berkurangnya harum bunga pada dasarnya bukan karena berkurangnya produksi senyawa aromatik yang dihasilkan bunga. Namun, karena perubahan lingkungan di sekitarnya yang membuat harum bunga tak tahan lama. Harum bunga berasal dari molekul- molekul ringan mudah menguap. Senyawa ini ternyata diketahui mudah berikatan dengan ozon yang ada di dekat permukaan tanah. Ikatan itulah yang membuat keharuman hilang.
Jika peningkatan polusi tidak dapat dihentikan, tidak hanya kita yang dirugikan, tapi juga merugikan tumbuhan bunga itu sendiri maupun serangga yang bisa membantu penyerbukannya. Perubahan pada harum bunga akan mengganggu mutualisme antara serangga yang mencari nektar dari bunga dan secara bersamaan membantu penyerbukan. Hal inilah yang diperkirakan menjadi penyebab turunnya populasi lebah di berbagai belahan dunia.
***

Tidak ada komentar: