Selasa, 30 Desember 2008

Ponsel Canggih dan Anak Sekolah Dasar

Ponsel Canggih dan Anak Sekolah Dasar

dari rheys.com/diary/blog4.php/2008

Maraknya kemajuan teknologi seluler saat ini sangat pesat.Perhatian tidak hanya datang dari pihak profesional namun juga dari anak- anak usia sekolah dasar.Tidak sedikit bisa ditemukan siswa SD yang telah mengantongi ponsel canggih dengan fasilitas teknologi lengkap dan harga yang mahal.
Banyak alasan mengapa anak SD belum memerlukan semua aplikasi canggih.Salah satu alasan terbesar hanyalah keinginan untuk memikiki tanpa mengetahui fungsi masing- masing aplikasi tersebut.Alasan lain,ada juga yang karena muatan memori yang besar sehingga mereka bisa menyimpan banyak lagu,gambar, dan games untuk diminati.Namun ada pula yang hanya untuk sekedar bergaya memenuhi gengsi saja.
Akhirnya meskipun mereka dilarang membawa ponsel ke sekolah oleh orang tua mereka,tetapi pikiran mereka saat berada di sekolah tidak bisa berkonsentrasi pada pelajaran,namun terusik pada ponsel yang mereka tinggal di rumah.
Permainan multimedia bisa memberikan efek yang bagus dalam hal kreatifitas dan cara berfikir,bila hal ini dilakukan kepada anak usia SD yang belum bisa membagi konsentrasi,akhirnya pikiran mereka hanya terfokus pada permainan saja dan pelajaran disekolah pun terbengkalai.
Peranan yang paling penting ada pada orang tua.Orang tua harus bisa untuk tidak memanjakan anak mereka dengan tidak memberikan ponsel- ponsel canggih tersebut pada usia SD.
Pemerintah juga sebaiknya mengeluarkan aturan tentang usia kepemilikan ponsel.Peran guru adalah untuk mendukung aksi dari orang tua dan pemerintah,guru membuat sangsi yang mendidik (tidak hanya menyita ponsel) jika seorang anak terbukti melakukan pelanggaran.

Tidak ada komentar: