Selasa, 16 Desember 2008

Web 2.0

Diambil dari koran tempo edisi jumat 14maret2008..
"dari foo camp ke pantura"
Ide untuk mengubah dunia itu lahir di Foo Camp,sebuah pertemuan tahunan para hacker,5th lalu.Di Sebastopol,sebuah kota di utara San Fransisco,AS,itu,pengusaha media Tom O'Reilly menelurkan terminologi baru bernama Web 2.0.
Web 2.0(baca:"web two o") adalah sang pengubah jagat maya.Kehadirannya telah membius miliaran orang,yang keranjingan situs jejaring2 sosial seperti myspace,facebook dan friendster.Web 2.0 secara sederhana adalah platform yg memungkinkan pengguna web saling berinteraksi.
Tak sekedar tampil sebagai pengguna,orang sini pun bisa membuat berbagai web berbasis teknologi Web 2.0. Situs2 pertemanan seperti friendster pun bermunculan,sebut saja di Pufei.Com dan Temanster.Com. YouTube rasa lokal pun bermunculan.Sebut saja LayarTancap.Com atau BeOsCope.Com. Sedangjan untuk tema2 berita ada Kilasan.Com,WikiMu.Com,LintasBerita.Com.
Aktivitas blogging juga kian mobile dengan lahirnya situs ala Twitter.com,yaitu Moodmill.com dan Kronolog.com. Blogging bisa dilakukan melalui ponsel atau personal digital assistant.
Lewat Kronologger.com, seseorang bisa mengabadikan kegiatan2 harianny melalui ponsel.Ada pula situs Web 2.0 yang mengambil tema aneh tapi unik,seperti PesanLewat.com atau CeritaKaos.com. CeritaKaos.com menyediakan ruang untuk memajang foto2 kaus beserta cerita yang melatarbelakangi,kenapa kaus itu penting bagi penggunanya.
Sementara itu, PesanLewat berusaha mengumpulkan koleksi foto pesan grafis yang tertangkap di angkutan umum,seperti bus dan truk. Situs ini seperti membawa para pengarung jalanan di Pantura ke ranah jagat maya.
Budi Rahardjo,seorang blogger senior memandang Web 2.0 sebagai platform yang mengedepankan kolaborasi dan memberdayakan penggunanya.Rahasianya, Web 2.0 menggunakan teknologi asynchronous Javascript and XHTML,yang lebih memungkinkan antarmuka yang lebih interaktif.

3 komentar:

OPANG mengatakan...

cha..mampir....

cha_chantiq mengatakan...

Yuu mari... Hehe :)

OPANG mengatakan...

makasih yah udah mampir...apa kabar,lagi sibuk apa?